20 Apr 2018

[NOVEL] THE MAZE RUNNER

di balik dinding baja misterius ini, mereka harus berlari secepat kilat atau.... m-a-t-i 


"THE MAZE RUNNER"
(The Maze Runner Trilogy #1)
Penulis: James Dashner
Penerjemah: Yunita Candra
Desain sampul: Tyo
Penerbit: Mizan Fantasi [Bentang Pustaka]
Cetakan I, November 2011
ISBN: 978-979-433-655-7
Tebal: 532 hlm
Ratting: ★ ★ ★ ✩ ✩


Ini kisah perjuangan sekumpulan anak untuk bertahan hidup. Mengajarkan kita tentang bekerja keras, pantang menyerah, leadership, dan persahabatan.

Segala hal yang ada di dunia ciptaan Sang Kreator, Tuhan. Namun kita diberi segala pilihan untuk menjalani kehidupan ini. Pilihan yang akan membuat kita menyerah pada keadaan yang ada, atau berjuang menemukan jalan untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. 

Ia terbangun di dalam sebuah kotak logam yang gelap dan pengab, dengan dipenuhi rasa takut. Tak tahu ada di mana, kenapa ada di sana, dan tak ingat apa pun. Yang ia ingat hanya satu, namanya. THOMAS. Kemudian kotak itu terbuka, cahaya membuatnya buta sesaat. Ia ditarik ke keluar, dikelilingi orang-orang yang anehnya semua laki-laki dengan umur belasan tahun. Lalu seseorang berkata, "Selamat datang di Glade."
Kau tidak dapat memecahkan masalah jika menyerah pada rasa takut.
Nama tempat itu Glade. Glade merupakan sebuah tanah lapang dengan luas beberapa kali lapangan bola. Setiap bulan mereka mendapat kiriman seorang anak baru, perbekalan setiap minggunya, dan kadang-kadang beberapa barang yang diminta. Sinar matahari selalu ada, begitu pula air dan listrik. Setiap malam pintu-pintu tertutup, melindungi mereka dari sesuatu yang berkeliaran di luar. Griever. Semuanya nampak sempurna untuk menjalani kehidupan.  Namun Thomas menganggapnya penjara. Ia terus merasa ketakutan, gelisah, panik, tapi juga penasaran. Glade bukanlah tempat yang menyenangkan baginya. Hal-hal yang ia dengar semakin menciutkan nyalinya -Griever, disengat, perubahan. Dan ia terus mempertanyakan kenapa ia dikirim ke sana. 
"Plung adalah sebutan untuk kotoran manusia. Kotoran kita membuat suara plung kalau jatuh ke lubang jamban." -Chuck
Thomas yang pada mulanya penasaran dengan tempat itu, berhasil dibuat ketakutan dan berharap semuanya segera berakhir. Gally yang pernah mengalami perubahan, bersikeras pernah melihat Thomas sebelum ini, serta sikapnya benar-benar membuat Thomas membencinya. Namun ketika malam tiba, perasaan aneh menghinggapi Thomas. Ia tiba-tiba merasa begitu nyaman dengan Glade dan Maze, serta perasaan pernah berada di tempat itu sebelumnya.

Keanehan tidak berhenti disitu. Setelah Newt menunjukkan seperti apa Griever itu, serta acara tur bersama Alby, sebuah alarm berbunyi. Itu menandakan ada kiriman anak baru di dalam kotak. Ini belum pernah terjadi, ada dua kiriman anak dalam dua hari berturut-turut. Dan keanehan itu memuncak ketika pintu lift dibuka. Isinya sungguh mengejutkan, serta pesan yang dibawa anak itu membuat seisi Glade gempar.

Ada yang aneh dengan anak-bawang itu. Thomas merasa ada keterkaitan antara dirinya dengan dia, tapi entah apa. Ditambah lagi tuduhan-tuduhan yang ditujukan padanya. Hal-hal aneh terus terjadi setelah kedatangannya di Glade. Matahari tak lagi muncul, perbekalan tak lagi datang, pintu-pintu tak lagi menutup. Apa hubungan semua itu dengan Thomas? Apa yang harus Thomas lakukan untuk menyelamatkan mereka semua?

Kesan pertama yang aku dapat dari buku ini, mirip bantal. Lumayan tebal sih. Tapi begitu memulai membaca, kesan tebal itu terlupakan.

Buku dengan ketebalan 500 halaman lebih ini hanya menceritakan kisah perjalanan Thomas dkk tidak lebih dari dua minggu, bisa dibayangkan kepadatan petualangannya. Disebutkan juga diawal, jumlah penghuni Glade mencapai lima puluh hingga enam puluh anak. Tapi yang mempunyai peran tidak lebih dari sepuluh anak, sungguh disayangkan. Coba bandingkan dengan seri Harry Potter di seri-seri awal. Buku yang tak terlalu tebal menceritakan kisah perjalanan Harry dkk selama satu tahun. Dan tokoh-tokohnya juga banyak, namun semua mempunyai perannya masing-masing.

Dengan tokoh utama yang serba tidak tahu, membuat kita menebak-nebak jalan cerita yang disuguhkan. Segalanya benar-benar tak terduga. Kematian salah satu tokoh benar-benar membuat shock dan aku sukses dibuat meneteskan airmata. Serta akhir cerita yang bisa dibilang WOW, berhasil membuat tercengang dan tak sabar mengetahui kelanjutan kisahnya. Dan satu lagi, nama asli mereka sama sekali tak terduga.... 


DIADAPTASI KE LAYAR LEBAR DENGAN JUDUL "THE MAZE RUNNER".
  

0 komentar:

Posting Komentar