19 Apr 2018

[NOVEL] HARMONI



"Kemungkinan seorang perempuan untuk seorang laki-laki ada dua. Menjadi tempat terakhir atau sekedar menjadi tempat persinggahan. Namun aku untukmu, hanya ada satu kemungkinan, sebagai persinggahan. Walau begitu, aku kan menjadi tempat persinggahan termanis yang bisa kau temui di akhir hari yang melelahkan. Happy Birthday, Gara..." -Andien


"HARMONI: Cinta yang Hitam-Putih"
(Gagas Duet Series)
Penulis: Wulan Dewatra & Ollie
Editor: Delia F.
Desain sampul: Dwi Anissa Anindhika
Penerbit: Gagas Media
Cetakan pertama: Mei 2012
ISBN-13: 978-979-780-559-3
Tebal: 284 hlm
Ratting:  ★ ★ ★ ✩


Ini salah satu Gagas Duet yang diterbitkan GagasMedia, Harmoni hadir dengan dua kisah berbeda. Kisahnya berdiri sendiri, namun dengan tema yang sama. Tentang cinta yang Hitam-Putih.

* * *

Rey dan Lily dipertemukan di sebuah Cafe Buku dengan kondisi yang sama-sama patah hati. Lily yang notabene seorang penulis, menyukai cafe itu untuk membaca dan mencari ide tulisannya. Sedangkan alasan Rey sedikit lebih klise, itu satu-satunya tempat di mana ia tak memiliki kenangan bersama Sofia, mantan kekasihnya--mereka sama-sama tidak menyukai buku. Namun "The Alchemist" karya Paulo Coelho mengawali hubungan mereka.

Pada awalnya, kedekatan mereka berjalan dengan lancar--bahkan menurutku terlalu lancar. Hingga sebuah pengakuan Rey tentang ketidaksukaannya pada membaca mengawali konflik di antara mereka. Dalam sebuah hubungan, kejujuran adalah pondasi awalnya. Namun demi Lily, Rey membuka hatinya untuk memulai membaca The Alchemist. Dan buku Paulo Coelho merubah sudut pandang Rey tentang kehidupan.

Dan ketika semua kembali ke jalur yang diinginkan, hadirlah Javier--mantan kekasih Lily--menggoyahkan hati Lily. Kepada siapakah hati Lily akhirnya berlabuh?

Ollie dengan kisah "Coelho & Us"-nya menghadirkan kisah cinta yang sederhana namun indah. Kedalaman perasaan para tokoh tersampaikan dengan baik. Quote-quote yang diambil dari The Alchemist semakin memberi nyawa tambahan dalam kisah ini. Dan sedikit "sentilan" tentang fenomena sosial yang ada di sekitar kita tak luput disajikan dengan gaya bahasa yang ringan dan cerdas.

(( COELHO & US by OLLIE ))

* * *

Kisah bermula dari hubungan yang terjalin antara Andien dan Gara, dua sosok yang amat berbeda. Bagi Andien, dirinya adalah makhluk yang terkena kutukan dari Tuhan. Sedangkan Gara adalah sosok laki-laki yang menurut Andien diciptakan saat Tuhan sedang senang. Karena Gara adalah sosok yang sempurna, namun dengan satu kelemahan, wanita.

Gara adalah sosok yang tak bisa tinggal di satu hati wanita. Di belakang hubungannya dengan Andien, ia juga menjalin hubungan dengan berganti-ganti wanita. Andien tahu, dan ia hanya diam. Ia terlalu mencintai Gara. Hingga kemudian Gara bertemu dengan Karin, sosok sempurna yang selama ini Gara cari. Akankah kali ini Gara meninggalkan Andien demi Karin?

Kisah ini terasa begitu gelap dan dalam. Dengan jumlah halaman yang hanya beberapa lembar saja, Wulan Dewatra mampu menyuguhkan kisah yang cukup kompleks. Perasaan pembaca seperti diajak naik Roller Coaster, begitu emosional. Disampaikan dengan lugas, setiap karakter terbentuk dengan kuat. Andien dengan prinsip yang sangat kuat dan tanpa pamrih, menyimpan misteri kehidupan masa lalu yang begitu kelam disandingkan dengan Gara yang frontal namun lemah pada wanita. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari dua sosok yang begitu berlawanan ini. Kisah yang tidak membosankan dengan akhir kisah yang tak tertebak.
(( SANG ANGKULI by WULAN DEWATRA ))

* * *


Dua kisah yang begitu berbeda namun hadir saling melengkapi. Seperti dua hal yang berbeda namun berjalan beriringan membentuk Harmoni.

0 komentar:

Posting Komentar