6 Nov 2018

[NOVEL] MY SISTER'S KEEPER

 


"Jika kau menggunakan cara yang salah secara moral untuk menyelamatkan hidup anakmu, apakah itu menjadikanmu ibu yang buruk?" --Jodi Picoult
"MY SISTER'S KEEPER"
(Penyelamat Kakakku)
Penulis: Jodi Picoult
Desain dan ilustrasi sampul: Pauline St. Denis/Corbis
Alih bahasa: Hetih Rusli
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan pertama: 2007
Tebal: 528 hlm
Ratting: 4 of 5


Apakah kamu tahu alasan dibalik kelahiranmu? Apa jadinya jika kamu dilahirkan hanya untuk menyelamatkan hidup kakakmu yang tidak sehat? Apakah kamu akan tetap ada jika kakakmu tidak pernah sakit?

Itulah dilema yang dialami Anna. Ia terlahir dengan alasan sebagai penyelamat kakaknya, Kate, yang menderita Leukimia Premielosistik akut. Sejak ia lahir hingga kini usianya tiga belas tahun, ia selalu menjadi penyuplai segala yang Kate butuhkan. Bisa dibilang, setiap kali Kate masuk rumah sakit, Anna juga ikut berada di sana.

Darah Anna mengalir di nadi kakaknya. Semua yang Kate butuhkan, diambil darinya. Anna tidak sakit, tapi ia sama sakitnya dengan Kate. Kali ini Kate mengalami gagal ginjal. Anna sangat menyayangi Kate, tapi haruskah ia menyerahkan ginjalnya? Lalu setelah itu apa lagi?

Dengan segala keberanian yang ia miliki, Anna datang ke kantor Campbell Alexander, seorang pengacara. Ia ingin mengajukan tuntutan kepada orangtuanya, untuk hak atas tubuhnya sendiri. Sesuatu yang bisa menceraiberaikan keluarganya, dan bahkan memgakhiri perjuangan panjang Kate.

Kisah ini menarik, kita diajak untuk marah sekaligus menangis secara bersamaan. Kisah tentang bagaimana sebuah keluarga menyikapi keadaan ketika salah seorang anggota keluarganya mengalami sakit parah. Semua orangtua senantiasa berusaha untuk adil dalam menyayangi anak-anaknya. Namun ketika salah satu didera sakit parah, masihkah mereka mampu berlaku adil? Pasti ada anak yang merasa tersisihkan, PASTI.

Diambil dari berbagai sudut pandang, membuat kita memahami bagaimana reaksi setiap individu dalam menghadapi semua konflik yang terjadi. Keluarga Fitzgerald mengajarkan kita bahwa setiap pilihan pasti punya resiko masing-masing. Di mana kita dituntut untuk berusaha, namun tidak dengan mengorbankan kepentingan orang lain. Dan ketika usaha itu sudah berada pada titik batasnya, biarkan Tuhan yang menentukan akhirnya.


TELAH DIFILMKAN DENGAN JUDUL YANG SAMA: "MY SISTER'S KEEPER"

0 komentar:

Posting Komentar