22 Sep 2017

[FILM] DEAR NATHAN

"Bener ya kata pepatah, hal yang paling sulit dilakukan manusia itu cuma dua: minta maaf dan terima kasih." --Salma
"DEAR NATHAN"
Rapi Films
Produser : Gope T. Samtani
Sutradara : Indra Gunawan
Skenario : Bagus Bramanti, Gea Rexy, Erisca Febriani
Rilis : 23 Maret 2017 (Indonesia)
Durasi : 99 menit
Pemain : Jefri Nichol, Amanda Rawles
Rating: ★ ★ ★ ✩ ✩


Masa SMA adalah masa yang paling indah. Kerap kali cinta pertama bersemi di masa ini. Cinta monyet yang manis dan terkadang juga pahit. Atas dasar itulah, Erisca Febriani menulis kisah ini. Yang kemudian diangkat ke layar lebar.

Salma--diperankan Amanda Rawles, seorang murid pindahan yang sangat disiplin dihadapkan dengan Nathan--Jefri Nichol--yang hobi melanggar aturan. Sifat yang begitu bertolak belakang, membuat Salma selalu berkelit dari Nathan. Namun Nathan selalu punya cara untuk mendekati Salma.

Semakin lama, Salma semakin mengenal Nathan. Kini ia tahu bahwa dibalik sifat urakannya, Nathan begitu rapuh. Keadaan keluarga dan masa lalu yang begitu kelam menghantuinya setiap waktu. Dan Salma yakin, ia bisa membantu Nathan untuk berubah jadi lebih baik. Tapi mampukah?
"Ketika semua orang menganggap gue sebagai sampah, lo menganggap gue sebagai manusia." --Nathan
Tema cinta SMA terutama tentang si biang kerok dan si kutu buku bukanlah hal baru. Namun Indra Gunawan, Sang Sutradara menurutku cukup berhasil menghidupkan para karakter. Penokohannya terbangun dengan kuat. Nathan yang bandel namun masih dalam batasan, dan Salma yang polos tapi tak menjengkelkan. Chemistry antara Jefri Nichol dan Amanda Rawles terjalin dengan epik. 

Dari segi ceritapun aku rasa pas. Tidak terlalu kaku juga tidak terlalu menye-menye layaknya FTV dengan judul yang sering tak masuk akal. Kisah ini manis nan lucu. Dan yang pasti bikin baper!

Gambar terkait
Namun disayangkan, untuk tokoh-tokoh pendamping kurang tereksplor. Kisah terlalu fokus tentang kehidupan Nathan dan hubungannya dengan Salma. Tokoh lain benar-benar sebagai 'pelengkap'. Tanpa ada penekanan sedikitpun.

Secara keseluruhan, kisah cinta ini ringan namun meninggalkan kesan yang cukup mendalam. 
"Simpen ini sebagai bukti, bahwa gue-lah laki-laki pertama yang mampir ke hati lo karna cinta. Dan gue jugalah laki-laki pertama yang pergi karna ingin lihat lo bahagia." --Nathan

DIADAPTASI DARI BUKU "DEAR NATHAN" karya ERISCA FEBRIANI

0 komentar:

Posting Komentar